CONSILIA
Vol 2, No 2 (2019)

PERBEDAAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU

Esti Fitriya (BK FKIP UNIB)
Hadiwinarto Hadiwinarto (BK FKIP UNIB)
Arsyadani Mishbahuddin (BK FKIP UNIB)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2019

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana kemandirian belajar dan gaya belajar yang diadopsi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Sampel peneitian berjumlah 50 orang siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling dari kelas VIII. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kemandirian belajar dan kuesioner gaya belajar. Data dianalisis dengan menggunakan bantuan software Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 16, dengan Crosstabs. Hasil peneitian menunjukkan bahwa, tingkat kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu tinggi dengan skor 34,0%, sedang dengan skor 62,0% dan rendah dengan skor 4,0%. Sedangkan gaya belajar yang diadopsi oleh mayoritas siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu ialah gaya belajar visual dengan skor 60,0% dan 40,0% yang mengadopsi gaya belajar auditorial. Kata kunci : kemandirian belajar, gaya belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

j_consilia

Publisher

Subject

Other

Description

Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan ...