Jurnal Ekonomi Islam
Vol 10 No 1 (2019): Jurnal Ekonomi Islam Fakultas Agama Islam UHAMKA

PENGARUH PENGETAHUAN, REPUTASI, LINGKUNGAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT PELAJAR SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PRODI PERBANKAN SYARIAH DALAM MENABUNG DI BANK SYARIAH

Mujaddid, Fajar (Unknown)
Adi Nugroho, Pandu Tezar (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pelajar SMK perbankan syariah berminat menabung di bank syariah. Berdasarkan analisis sampel berjumlah 72 responden di SMKN 20 Jakarta, SMK Al-Hasra Depok, dan SMK Muhammadiyah 1 Ciputat dengan menggunakan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel pengetahuan, reputasi, lingkungan, dan religiusitas dapat menjelaskan variabel minat menabung sebesar 51,9 persen. Dengan hasil analisis yang menunjukkan bahwa variabel Reputasi dan variabel Religiusitas memiliki signifikansi 0,019 dan 0,000 yang berarti variabel reputasi dan religiusitas memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menabung pelajar di bank syariah. Hasil temuan ini dapat memberikan peluang kepada bank syariah untuk meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat muslim yang belum mengetahui bank syariah salah satunya dengan mendukung kegiatan islami seperti pengajian, majelis taklim serta mengedukasi para ustadz tentang bank syariah agar dapat membantu mensosialisasikan dan mengkampanyekan gerakan menabung di bank syariah.   Kata Kunci: Minat Menabung, Pelajar SMK, Bank Syariah, Pengetahuan, Reputasi, Lingkungan, Religiusitas, Regresi Linear Berganda  

Copyrights © 2019