Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 51, No 1 (2017): OKTOBER

PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP MINAT BELI DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Pengguna Kartu Perdana SimPATI Khusus Internet di GraPARI Telkomsel Cabang Kota Malang)

Mas Aga Haris Irzandy (Unknown)
Suharyono Suharyono (Unknown)
Zainul Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2017

Abstract

This research purpose is to know and explain: the influence of brand equity on purchase intention, the influence of brand equity on purchase decision and the influence of purchase intention on purchase decision. This research is using explanatory research with quantitative approach. Variable in this research is Brand Equity, Purchase Intention and Purchase Decision. Population in this research is everyone whom a new buyer of simPATI simCard for internet purpose that above 20 years old. Total sample in this research is 106 respondents by using purposive sampling and the method of data collection is using questionnaire. Data analysis used in this research are descriptive analysis and path analysis. The result of the path analysis is shown that Brand Equity has significant influent on Purchase Intention, Brand Equity has significant influent on Purchase Decision, and Purchase Intention has significant influent on Purchase Decision. Key words: Brand Equity, Purchase Intention, Purchase Decision АBSTRАK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: pengaruh ekuitas merek terhadap minat beli, pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian dan pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini yaitu ekuitas merek, minat beli dan keputusan pembelian. Populasi pada penelitian ini yaitu pembeli baru kartu perdana simPATI khusus internet yang berusia 20 tahun keatas. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 106 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa variabel ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli , variabel ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel minat beli berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: Ekuitas Merek, Minat Beli, Keputusan Pembelian  

Copyrights © 2017