Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan
Vol 1 No 1 (2016)

Kontribusi Metode Pembelajaran dan Sikap Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Rosliana, Eri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2018

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalis pengaruh metode pembelajaran dan sikap siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Penelitian kuasi-eksperimen ini menggunakan desain treatment by levels, dengan teknik analisis varian dua jalur. Populasi terjangkau 268 siswa, sedangkan sampel 52 siswa. Data dihimpun dengan kuesioner dan tes. Hasil analisis data menunjukkan: (1). Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan metode jigsaw lebih tinggi daripada metode STAD. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan sikap siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. (3) Pada siswa yang memiliki sikap siswa positif, hasil belajar Bahasa Indonesia yang diajar dengan metode jigsaw lebih tinggi daripada dengan metode STAD. (4) Pada siswa yang memiliki sikap siswa negatif, hasil belajar Bahasa Indonesia yang diajar dengan metode jigsaw lebih rendah daripada dengan metode STAD.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jppp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan E-ISSN:2579-7654, ISSN: 2528-0945, DOI Prefix 10.22236/jppp is a is a showcase of original, rigorously conducted educational measurement, assessment, and evaluation. The journal particularly covers manuscripts within the following areas: instrument and ...