Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan
Vol 2 No 2 (2017)

Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam

Kusyanto, Edi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2018

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh model inkuiri dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA. Penelitian menggunakan metode eksperimen, dengan rancangan faktorial (2 x 2). Sampel sebanyk 40 siswa.  Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam siswa pada kelompok siswa yang diajarkan menggunakan Model Inkuiri lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model ceramah. 2) Terdapat interaksi antara model dengan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep Ilmu. 3) Untuk siswa yang motivasi belajar tinggi, terdapat perbedaan pemahaman konsep antara kelompok siswa yang diajarkan menggunakan model inkuiri dibandingkan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model ceramah. 4) Untuk siswa yang motivasi belajar rendah, terdapat perbedaan pemahaman konsep antara kelompok siswa yang diajarkan menggunakan model inkuiri dibandingkan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model ceramah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jppp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan E-ISSN:2579-7654, ISSN: 2528-0945, DOI Prefix 10.22236/jppp is a is a showcase of original, rigorously conducted educational measurement, assessment, and evaluation. The journal particularly covers manuscripts within the following areas: instrument and ...