Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan
Vol 1 No 2 (2016)

Evaluasi Program Pembelajaran Menggunakan Media Belajar Pesona Edu Pada Mata Pelajaran Sains dan Matematika

Wahyudi, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2018

Abstract

Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program pembelajara pesona edu pada mata ajar sains dan matematika. Penelitian menggunakan metode evaluasi model CIPP. Subjek evaluasi meliputi kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, 5 orang guru pengajar sains dan matematika, ketua komite madrasah, dan siswa kelas 7 sebanyak 15 orang. Temuan: (1) Evaluasi konteks: kondisi madrasah sudah sangat sesuai dan relevan untuk diterapkannya penggunaan media belajar pesona edu pada mata ajar sains dan matematika. (2) Evaluasi input: pimpinan dan guru sudah mampu menggunakan media belajar pesona edu dalam proses pembelajaran. Sosialisasi dan pelatihan secara rutin setiap tahunnya lebih mempermudah penggunaannya meski selalu mengalami perkembangan setiap tahunnya. Sarana prasarana juga sudah sangat memadai untuk diterapkannya program media belajar pesona edu. (3) Evaluasi proses: guru sebagai fasilitator selalu berusaha menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif, menarik, menyenangkan dan berbobot sangat terbantu dengan menerapkan media belajar ini walau penggunaannya belum maksimal, namun antusiasme siswa ketika proses pembelajaran menggunakan media belajar pesona edu begitu luar biasa. (4) Evaluasi produk: siswa lebih termotivasi dalam belajar sebagai terlihat dari hasil nilai UN yang selalu meningkat setiap tahun.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jppp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan E-ISSN:2579-7654, ISSN: 2528-0945, DOI Prefix 10.22236/jppp is a is a showcase of original, rigorously conducted educational measurement, assessment, and evaluation. The journal particularly covers manuscripts within the following areas: instrument and ...