JCE (Journal of Childhood Education)
Vol 2, No 2 (2018): September - February

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA

Diana Dwi Jayanti (Universitas Islam Lmongan)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2019

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil telaah dan analisis teoritis atas pemikiran salah satu tokoh Pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantara. Di tengah keringnya pelaksanaan praksis pendidikan dari ruh landasan filosofis, pemikiran-pemikiran beliau yang sangat mendasar, mendalam, dan visioner tentang pendidikan khususnya dalam konteks budaya Indonesia, dirasa masih sangat relevan untuk dikaji lebih jauh, sehingga dapat dipahami, diinternaslisasi kemudian dijadikan sebagai landasan filosofis pelaksanaan praksis pendidikan di Indonesia. Pemikiran-pemikiran tersebut lahir dan diramu dalam konteks kebudayaan bangsa Indonesia yang khas. Pada tulisan ini akan dibahas beberapa hal antara lain tentanng: 1) Pandangan dasar tentang jiwa anak sebagai peserta didik, 2) Fungsi, tujuan pendidikan serta Bagaimana seharusnya pendidikan yang tidak menyalahi kodrat jiwa anak, 3) Pendidikan Anak Usia Dini dalam Pandangan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Melalui tulisan ini diharapkan dapat memberikan tambahan wacana dan sudut pandang pembahasan tentang filsafat pendidikan, serta dapat menjadi salah satu alternatif kajian filosofis pendidikan di Indonesia, diantara banyaknya referensi-referensi yang berasal dari pemikiran para tokoh pendidikan dari luar negeri yang tentunya perlu adaptasi dan modifikasi jika ingin dijadikan sebagai dasar pijakan praksis pendidikan di Indonesia

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JCE

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JCE - Journal of Childhood Education aims to provide a forum for international researchers on applied Education and Childhood Growth. Our Journal will accept submission from all over the world. All submitted articles shall never been published elsewhere, original and not under consideration for ...