Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education
Vol 2, No 1 (2019): April

Pengaruh Penerapan Metode Karyawisata terhadap Aspek Perkembangan Nilai Moral Anak

Sumi Kalsum (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Dewi Sri Suryanti (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh  Penerapan Metode Karyawisata terhadap Aspek Perkembangan Nilai Moral Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2018-Maret 2019 bertempat di TK Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah Guru dan Murid-murid di TK Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru, terdiri dari dua kelas yang akan diteliti oleh peneliti yaitu B2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 10 murid dan B1 sebagai kelas kontrol berjumlah 10 murid, jumlah keseluruhan 20 murid, sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh metode karyawisata terhadap aspek perkembangan nilai moral anak kelompok B di TK Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah observasi, dan dokumentasi. Untuk menjawab rumusan masalah maka data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase dan untuk menganalisis  pengaruh  metode karyawisata terhadap aspek perkembangan nilai moral anak kelompok B di TK Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru, dengan pendekatan Kuantitatif digunakan Desain Matching Pretest-Postest Control Group Design. Setelah dilakukan teknik analisis data, ternyata penggunaan metode karyawisata mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap aspek perkembangan nilai moral anak di TK Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai hasil belajar yang dicapai oleh anak, yang terlihat pada hasil penelitian di kelas eksperimen yang telah diberi metode karyawisata dari nilai rata-rata 35,5 pada skor pretest meningkat menjadi 90 pada skor posttest.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh  Penerapan Metode Karyawisata terhadap Aspek Perkembangan Nilai Moral Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2018-Maret 2019 bertempat di TK Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah Guru dan Murid-murid di TK Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru, terdiri dari dua kelas yang akan diteliti oleh peneliti yaitu B2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 10 murid dan B1 sebagai kelas kontrol berjumlah 10 murid, jumlah keseluruhan 20 murid, sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh metode karyawisata terhadap aspek perkembangan nilai moral anak kelompok B di TK Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah observasi, dan dokumentasi. Untuk menjawab rumusan masalah maka data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase dan untuk menganalisis  pengaruh  metode karyawisata terhadap aspek perkembangan nilai moral anak kelompok B di TK Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru, dengan pendekatan Kuantitatif digunakan Desain Matching Pretest-Postest Control Group Design. Setelah dilakukan teknik analisis data, ternyata penggunaan metode karyawisata mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap aspek perkembangan nilai moral anak di TK Nurul Aulia Syam Kota Pekanbaru, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai hasil belajar yang dicapai oleh anak, yang terlihat pada hasil penelitian di kelas eksperimen yang telah diberi metode karyawisata dari nilai rata-rata 35,5 pada skor pretest meningkat menjadi 90 pada skor posttest. Kata Kunci :Metode Karyawisata, Perkembangan Nilai Moral

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

KINDERGARTEN

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan November, memuat artikel hasil Kajian Teori dan Praktik di bidang Pendidikan Anak Usia ...