SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 3, No 1 (2019): November

PEMBINAAN SISWA-SISWA SMP DI LUAR JAM SEKOLAH DI DESA LEMBUAK UNTUK MEMBUAT ALAT-ALAT PRAKTIKUM FISIKA DENGAN MEMANFAATKAN BARANG-BARANG BEKAS DI LINGKUNGAN SEKITAR

Ni Wayan Sri Darmayanti (Unknown)
Johri Sabaryati (Unknown)
M. Isnaini (Unknown)
Nursina Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2019

Abstract

ABSTRAKPeningkatan sarana dan prasarana dalam mendukung pembelajaran IPA pada penerapan kurikulum 2013 harus sangat diperhatikan. Hakikat pembelajaran IPA yang membawa pada kegiatan pembelajaran langsung melalui kegiatan praktikum sehingga mengajak siswa berpikir menemukan konsep. Hal ini membutuhakan alat penunjang untuk mencapainya. Akan tetapi jika terdapat keterbatasan alat praktikum dan kurang kreatifitasnya pendidik memanfaatkan benda benda dilingkungan sekitar. Menjadi pendorong untuk mengadakan pelatihan kepada siswa –siswa SMP di luar jam sekolah untuk membuat alat-alat praktikum Fisika yang sederhana dengan memanfaatkan barang-barang bekas di Lingkungan sekitar. Kata kunci: Alat praktikum siswa, barang barang bekas, luar jam sekolah. ABSTRACT The improvement of facilities supporting science learning in the application of the 2013 curriculum must be highly considered. The nature of science learning that leads to direct learning activities through practicum activities so that students invite thinking to find concepts. This requires supporting tools to achieve it. However, if there are limited practical tools and lack of creativity educators utilize objects in the surrounding. Being a motivator to conduct training for junior high school students outside school hours to make simple physics practicum tools by utilizing used items in the neighborhood environment. Keywords: Student practicum tools, used goods, outside school hours.

Copyrights © 2019