AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara religiusitas, konsep diri dan dukungan sosial keluarga dengan prestasi belajar.Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 3 Depok Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan skala religiusitas, skala konsep diri, skala dukungan sosial dan dokumentasi hasil prestasi belajar. Sampel diambil secara cluster random sampling. Data dianalisis menggunakan metode statistik dengan teknik regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan positif antara religiusitas, konsep diri dan dukungan sosial dengan prestasi belajar secara bersama-sama pada siswa SMP Muhammadiyah 3 Depok Yogyakarta. (2) Tidak ada hubungan yang signifikan antara religiusitas dengan prestasi belajar pada siswa SMP Muhammadiyah 3 Depok Yogyakarta. Artinya, secara parsial tinggi rendahnya religiusitas tidak memberi pengaruh signifikan terhadap tinggi rendahnya prestasi belajar. (3) Ada hubungan positif antara konsep diri dengan prestasi belajar pada siswa SMP Muhammadiyah 3 Depok Yogyakarta. Semakin tinggi konsep diri, maka semakin tinggi prestasi belajar. Semakin rendah konsep diri maka semakin rendah prestasi belajar. (4) Ada hubungan positif antara dukungan sosial dengan prestasi belajar pada siswa SMP Muhammadiyah 3 Depok Yogyakarta. Semakin tinggi dukungan sosial orang tua, maka semakin tinggi prestasi belajar. Semakin rendah dukungan sosial orang tua maka semakin rendah prestasi belajar.Kata kunci: Religiusitas, Konsep Diri, Dukungan Sosial, Prestasi Belajar
Copyrights © 2013