Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan daya cipta anak melalui permainan balok pada kelompok B Taman Kanak-kanak Melati Mekar Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak pada kelompok B Taman Kanak-kanak Melati Mekar Kendari yang berjumlah15 orang anak yang terdiri atas 7 anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan dengan rentang usia 5-6 Tahun. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru melalui permainan balok pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan sebesar 70% dan aktivitas belajar anak diperoleh persentase ketuntasan sebesar 55.5%. Sedangkan hasil evaluasi belajar anak dalam meningkatkan kemampuan daya cipta melalui permainan balok yaitu sebesar 66.7%. Pada siklus II observasi aktivitas mengajar guru melalui permainan balok mengalami peningkatan persentase ketuntasan sebesar 90%, aktivitas belajar anak diperoleh persentase ketuntasan sebesar 88.8%. Sedangkan hasil evaluasi belajar anak mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 86.6%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui permainan balok dapat meningkatkan kemampuan daya cipta pada kelompok B Taman Kanak-kanak Melati Mekar Kendari.Kata kunci: Daya Cipta, Permainan Balok, Anak.
Copyrights © 2019