Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO
Vol 2, No 2: Juli 2019

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF HIJAIYAH

Srianjayani, Rini (Unknown)
Sugianto, Bambang (Unknown)
Sukriati, Sukriati (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak melalui permainan kartu huruf hijaiyah di kelompok B RA Al-Mu’minin Kota Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan dan anak di Kelompok B RA Al-Mu’minin Kota Kendari berjumlah 20 orang yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 11 anak laki-laki dengan rentang usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase tercapai sebesar 53,8% atau 7 aspek dari 13 aspek yang diamati, sedangkan siklus II persentase tercapai aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 92,4% atau 12 aspek dari 13 aspek yang diamati. Pada aktivitas belajar anak pada siklus I persentase tercapai sebesar 61,5% atau 8 aspek dari 13 aspek yang diamati, sedangkan persentase tercapai aktivitas belajar anak siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 84,6 % atau 11 aspek dari 13 aspek yang diamati. Berdasarkan observasi awal kemampuan sosial emosional anak didik sebesar 35%. Setelah pelaksanaan tindakan, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar anak didik dari siklus I sebesar 60% ke siklus II sebesar 85%. Kata kunci: Kemampuan Sosial Emosional, Permainan Kartu, Huruf Hijaiyah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

RGAP

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Fokus dan Scope Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO memuat artikel hasil penelitian pada bidang PAUD yang meliputi kurikulum PAUD, perkembangan anak usia dini, manajemen pendidikan PAUD, bahan ajar PAUD, media pembelajaran PAUD, penilaian pembelajaran PAUD, strategi/ model/ metode/ pendekatan/ teknik ...