Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak melalui permainan kartu huruf hijaiyah di kelompok B RA Al-Mu’minin Kota Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan dan anak di Kelompok B RA Al-Mu’minin Kota Kendari berjumlah 20 orang yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 11 anak laki-laki dengan rentang usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase tercapai sebesar 53,8% atau 7 aspek dari 13 aspek yang diamati, sedangkan siklus II persentase tercapai aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 92,4% atau 12 aspek dari 13 aspek yang diamati. Pada aktivitas belajar anak pada siklus I persentase tercapai sebesar 61,5% atau 8 aspek dari 13 aspek yang diamati, sedangkan persentase tercapai aktivitas belajar anak siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 84,6 % atau 11 aspek dari 13 aspek yang diamati. Berdasarkan observasi awal kemampuan sosial emosional anak didik sebesar 35%. Setelah pelaksanaan tindakan, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar anak didik dari siklus I sebesar 60% ke siklus II sebesar 85%. Kata kunci: Kemampuan Sosial Emosional, Permainan Kartu, Huruf Hijaiyah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019