Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui model bermain peran di Kelompok B TK Dian EkawatiKendari. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Dian Ekawati Kendari yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri atas: perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh persentase sebesar 88,8% sedangkan aktivitas belajar anak diperoleh persentase 88,8%. Pada siklus II, persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 94,7%, sedangkan persentase ketercapaian aktivitas belajar anak juga mengalami peningkatan menjadi 94,4%. Berdasarkan hasil evaluasi tentang kemampuan berbicara anak dengan menggunakan model bermain peran menunjukkan bahwa hasil observasi diperoleh persentase sebesar 50% dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 65%. Pada siklus II diperoleh persentase sebesar 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan sosial anak Kelompok B TK Dian Ekawati Kendari dapat ditingkatkan melalui model bermain peran.Kata kunci: Pembelajaran, Kemampuan Berbicara Anak, Bermain Peran
Copyrights © 2019