Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan matematis-logis melalui alat permainan memancing ikan di Kelompok B TK Tunas Mutiara Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik pada kelompok B Taman Kanak-kanak Tunas Mutiara yang berjumlah 15 anak didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Berdasarkan hasil evaluasi tentang peningkatan kemampuan matematis-logis melalui alat permainan memancing ikan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan analisis hasil belajar anak didik secara klasikal, pada siklus I diperoleh persentase yaitu 60% atau 9 orang dari 15 anak, dimana ada 4 anak yang berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan 5 anak yang dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus II diperoleh persentase sebesar 86,66% atau 13 orang dari 15 anak, dimana ada 8 anak yang berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan 5 anak yang berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan matematis-logis di kelompok B TK Tunas Mutiara Kendari dapat ditingkatkan melalui alat permainan memancing ikan.Kata Kunci: Kemampuan Matematis-Logis, Alat Permainan Memancing Ikan, Anak.
Copyrights © 2019