Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan interpersonal anak melalui kegiatan bercerita pengalaman di Kelompok A RA Wildaanun Rabbaniyyun Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A RA Wildaanun Rabbaniyyun Kendari, yang berjumlah 13 orang yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 6 anak perempuan dengan rentang usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 51,14% atau 8 aspek yang tercapai sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85,71% atau 12 aspek yang tercapai. Aktivitas belajar anak siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 76,92%, atau 9 aspek yang tercapai sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 92,86% atau 13 aspek yang tercapai. Hasil belajar anak berupa peningkatan kemampuan interpersonal melalui kegiatan bercerita pengalaman sebelum dilakukan tindakan sebesar 46,15% kemudian meningkat pada siklus I sebesar 76,92% dan pada siklus II hasil belajar anak didik meningkat sebesar 92,31%.Kata Kunci: Interpersonal, Anak, Bercerita Pengalaman.
Copyrights © 2019