Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar geografi siswa, aktifitas mengajar guru geografi, dan peningkatan hasil belajar geografi siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah di kelas XI IPS2 SMA Negeri 5 Bau-bau pada materi pokok Biosfer serta Persebaran Flora dan Fauna.Penelitian ini dilaksanakan pada semester Ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 5 Bau-bau semester Ganjil tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 23 orang. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Gambaran aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada setiap siklus I diperoleh skor rata-rata 2,5. Siklus II skor rata-rata 3,2; 2) Gambaran aktivitas mengajar guru dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada siklus I diperoleh skor rata-rata 2,8 dan pada siklus II diperoleh skor rata-rata 3,6. 3) Hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 5 Bau-bau yang diajar menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi biosfer serta persebaran flora dan fauna diperoleh nilai pada siklus I yaitu nilai terendah 43, nilai tertinggi 96, nilai rata-rata 71 dan ketuntasan belajar sebesar 61%.Siklus II diperoleh nilai terendah 52, nilai tertinggi 96 nilai rata-rata adalah 78 dan ketuntasan belajar sebesar 83%.
Copyrights © 2018