Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII2 SMP Negeri 15 Kendari yang terdaftar tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang, yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh dari lembar observasi dan tes hasil belajar.Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa:Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII2 SMP Negeri 15 Kendari pada materi pokok pelaku-pelaku dan sistim perekonomian Indonesia dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Di tinjau dari proses pembelajaran, turut mengalami peningkatan dengan nilai presentase 45% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Dari segi belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebanyak 11 orang siswa yang tuntas dan 14 orang siswa yang tidak tuntas dari 25 siswa dengan nilai rata-rata61,4 dengan nilai terendah 30 dan nilai tertinggi 85 dengan presentase ketuntasan mencapai 45%, sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas 21orang siswa dan yang tidak tuntas 4 orang siswa dari 25 siswa dengan nilai rata-rata 75 dengan nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 90 dengan presentase ketuntasan mencapai 85% 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018