Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (April 2018)

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG MITIGASI BENCANA BANJIR DI KAMPUNG SALO KECAMATAN KENDARI

Hartini, Hartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2018

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk:  1) Mengetahui pengetahuan masyarakat tentang bencana banjir di Kelurahan Kampung Salo, Kecamatan Kendari, 2) Mengetahui pengetahuan masyarakat  tentang mitigasi banjir di Kelurahan Kampung Salo, Kecamatan Kendari, dan  3) Mengetahui hubungan tingkat pendidikan dengan pengetahuan masyarakat tentang mitigasi bencana banjir di Kelurahan Kampung Salo, Kecamatan Kendari.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei lapangan dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan metode stratified random sampling dimana sampel terdiri dari 4 (empat) tingkatan pendidikan yakni: 1) Tamat SD/sederajat, 2) Tamat SMP/sederajat, 3) Tamat SMA/sederajat, 4) Tamat PT/akademik. Pengumpulan data digunakan dengan metode observasi, dokumentasi dan tes. Pengolahan data menggunakan analisis statistik yakni korelasi pearson product moment dengan angka kasar dan analisis deskriptif berupa pengujian tingkatan pengetahuan tentang bencana banjir dan mitigasi banjir dengan penggunaan kriteria tingkat pengetahuan.Hasil dari penelitian menunjukkan hubungan positif antara tingkat pendidikan dan pengetahuan masyarakat tentang mitigasi bencana banjir, dengan perhitungan korelasi pearson product moment dengan angka kasar, menghasilkan nilai r hitung sebesar 0,8192 > r tabel 0,1289 dengan keterikatan hubungan sangat kuat, signifikan dan searah. Serta dari 4 (empat) tingkatan pendidikan diketahui bahwa; 1) Tamatan SD/sederajat memiliki pengetahuan yang kurang, 2) Tamatan SMP/Sederajat memiliki pengetahuan yang  cukup, 3) Tamatan SMA/Sederajat memiliki pengetahuan yang  baik, 4) Tamatan PT/akademik memiliki pengetahuan yang juga baik.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang maka semakin tinggi pula pengetahuan-nya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...