Indikator keberhasilan pendidikan berupa Angka Partisipasi Sekolah (APS) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada kelompok usia 16-18 tahun baru mencapai 76,41%. Kompleksnya permasalahan masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memicu rendahnya APS terutama dalam masalah sosial-ekonomi. Penelitian dengan metode kuantitatif deskriptif ini memprediksikan pengaruh tingkat kemiskinan terhadap APS. Disamping kesadaran Masyarakat di Bangka Belitung untuk sekolah menurun karena pada tahun-tahun tersebut sedang boomingnya Tambang Timah Inkovensal yang betapa mudahnya mendapatkan uang. Sementara itu, kurang jumlah sekolah untuk menjangkau masyarakat pedesaan sangat mempengarui tingkat APS. Hasil uji regresi menunjukkan, tingkat kemiskinan berpengaruh negatif secara signifikan sebesar 55,33%. Peningkatan kemiskinan diikuti oleh penurunan APS dan sebaliknya. Begitu pula kenaikan jumlah sekolah akan diikuti oleh kenaikan APS.
Copyrights © 2019