Upaya untuk menunjang pelayanan kesehatan yang bermutu tinggi di rumah sakit, Instalasi Farmasi Rumah Sakit Yogyakarta perlu melakukan evaluasi implementasi pelayanan informasi obat pasien rawat jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui realisasi implementasi pelayanan informasi obat pasien rawat jalan di instalasi farmasi Rumah Sakit Yogyakarta jika dibandingkan dengan target yang diinginkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan melihat dokumentasi data sekunder tentang program kerja instalasi farmasi, wawancara dengan apoteker yang bertugas melayani pasien rawat jalan sebagai subyek penelitian, serta pengamatan langsung terhadap pelayanan informasi obat pasien rawat jalan. Untuk mengetahui perbandingan realisasi dengan target yang diinginkan digunakan analisis kesenjangan. Hasil penelitian evaluasi implementasi pelayanan informasi obat pasien rawat jalan terlaksana dengan realisasi terjadi kesenjangan negatif sebesar (-0,67%). Komponen informasi obat yang disampaikan meliputi khasiat, cara penggunaan, aturan pakai, lama penggunaan obat, efek samping obat, sedangkan komponen informasi obat yang tidak disampaikan di instalasi farmasi Rumah Sakit Yogyakarta yaitu informasi jadwal pengobatan, dan tanda-tanda toksisitas.
Copyrights © 2011