AbstrakDalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen. Peneliti ini menggunakan desain penelitian pre- experiment. Pre experiment digunakan One Group Pretest-Posttest Design dengan skema sebagai berikut : tes awal (Pretest) menggunakan media audio visual tes akhir (Posttes ).Setelah analisis data pada tes siswa, menunjukkan tcount (to) dengan nilai (103,6) lebih tinggi dari ttable(tt) = 2,76 pada taraf signifikan 1% dan 2,05 pada taraf signifikasi 5%. Karena hasil to statistik = 103,6 lebih besar dari tingkat hasil 5% = 2,05 begitu juga pada taraf 1% = 2,76. Oleh karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Arab siswa sebelum menggunakan media audio visual dengan hasil belajar Bahasa Arab siswa setelah menggunakan media audio visual. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio dalam meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Arab siswa di MTs As-Adiyah Pengkendekan kelas VIII di Luwu Utara.Kata Kunci: penggunaan media audio visual, keterampilan menyimak.
Copyrights © 2018