Al Ibrah Journal of Arabic Language Education
Vol 1, No 1 (2018): Al Ibrah Journal of Arabic Langunage Education

Fa'aliyyah Isti'mal al-Wasail al-Sam'iyyah wa al-Mar'iyyah li Tanmiyah Maharah al-Istima' fi Ta'lim al-Lugah al-'Arabiyyah bi al-Madrasah al-Tsanawiyah as-'Adiyah Pengkendekan bi Al-Fashl al-Tsamin fi Luwu al-Syimaliyah

Rukman AR Said (IAI Palopo)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2018

Abstract

AbstrakDalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen. Peneliti ini menggunakan desain penelitian pre- experiment. Pre experiment digunakan One Group Pretest-Posttest Design dengan skema sebagai berikut : tes awal (Pretest) menggunakan media audio visual tes akhir (Posttes ).Setelah analisis data pada tes siswa, menunjukkan tcount (to) dengan nilai (103,6) lebih tinggi dari ttable(tt) = 2,76 pada taraf signifikan 1% dan 2,05 pada taraf signifikasi 5%. Karena hasil to statistik = 103,6 lebih besar dari tingkat hasil 5% = 2,05 begitu juga pada taraf 1% = 2,76. Oleh karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Arab siswa sebelum menggunakan media audio visual dengan hasil belajar Bahasa Arab siswa setelah menggunakan media audio visual. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio dalam meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Arab siswa di MTs As-Adiyah Pengkendekan kelas VIII di Luwu Utara.Kata Kunci: penggunaan media audio visual, keterampilan menyimak.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ibrah

Publisher

Subject

Religion Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

AL IBRAH is a peer-reviewed academic journal dedicated to advancing scientific knowledge and innovation in Arabic language education. The journal welcomes submissions on Arabic language teaching, classroom innovations, and various applied linguistics subfields. Typically, submissions should range ...