JURNAL SINEKTIK
Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Sinektik:Desember-2018

PENGARUH PERMAINAN ENGKLEK BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS III

Wijayanti, Ria (Unknown)
Trisiana, Anita (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2018

Abstract

Tujuan penelitian mengetahui berpengaruh tidaknya permainan engklek berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis. Bentuk penelitian ini adalah kuantitatif metode Pre-Eksperimental. Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data Paired Sample T-Test dan uji N-Gain.Berdasarkan hasil analisis data statistik Paired Sample T-Test, terdapat ?thitung -16,833 dibandingkan ?ttabel dengan d.b = (N-1) jadi (35-1) = 34 dalam taraf signifikansi 5% yaitu -2,032atau -16,833 < -2,032 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis yang menyatakan ?Ada Pengaruh Permainan Engklek Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas III Materi Bangun Datar SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018? terbukti kebenarannya dengan taraf signifikansi 5%. Besarnya pengaruh berdasarkan N-Gain 0,55 yaitu kategori sedang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sin

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Sinektik published by Elementary School Teacher and Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Slamet Riyadi. This Journal aimed as media communications and informations around teaching practice and elementary education implementations from various aspect. ...