Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan kompetensi memperbaiki sistem injeksi elektronik melalui pemanfaatan simulator engine management system (EMS). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan November 2017, di kelas XII Otomotif D (OD) SMK Negeri 1 Magelang semester gasal Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi kelas untuk mendapatkan data tentang minat siswa. Sedangkan untuk mendapatkan data kompetensi memperbaiki sistem injeksi elektronik, penelitian ini menggunakan tes teori dan praktik. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang dilanjutkan dengan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I berisi tindakan yang berupa penggunaan media simulator EMS pada saat pembelajaran. Pada siklus II, pembelajaran disempurnakan dengan adanya bimbingan secara intensif pada kelompok siswa oleh guru. Skor rata-rata minat siswa meningkat dari kondisi awal sebesar 63% menjadi 71% pada siklus I dan menjadi 84% pada siklus II. Sementara itu, nilai kompetensi rara-rata kelas meningkat dari 78,26 pada kondisi awal menjadi 84,09 pada kondisi akhir. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media simulator EMS mampu meningkatkan minat belajar dan kompetensi memperbaiki sistem injeksi elektronik.
Copyrights © 2018