JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 6 No 4 (2017): Vol.6. No. 4. Mei 2017

EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MEMBELAJARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA SMP

Marzuki Ahmad (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
03 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) dalam dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dalam membelajarkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah kuasi ekperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP negeri 1 Padangsidimpuan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 sebanyak 19 orang yang dijadikan sebagai kelas eksperimen atau yang diberi perlakuan dengan PBM dan kelas VII-9 sebanyak 24 orang yang dijadikan sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan pembelajaran model biasa. Adapun teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri dari data kemampuan berpikir kritis matematika siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran dan data respon siswa terhadap perangkat perangkat pembelajaran. PBM yang dilaksnakan memberikan deskripsi hasil penelitian bahwa: (1) Ketuntasan belajar siswa setelah pembelajaran memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal dimana diperoleh ketuntasan klasikal siswa kelas eksperipen diatas 85% yaitu 89,47%. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah efektif, dimana semua aktivitas yang diobservasi dalam kegiatan pembelajaran memenuhi kriteria keefektifan (3) Respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif dimana respon siswa terhadap semua aspek perangkat berada di atas 80% yaitu sebesar 95,53%. Selanjutnya diperoleh hasil bahwa penerapan PBM lebih baik dari pembelajaran model biasa

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...