JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 5 No 2 (2018): Vol.5.No.2.2018

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

NUNIK ARDIANA (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 sorkam. Jenis penelitian ini eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 sorkam yang berjumlah 160 siswa yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII-1, ditentukan dengan cara sampel random. Data penelitian ada dua macam yaitu observasi dan tes yang sebelumnnya telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan gambaran penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) diperoleh nilai rata-rata 3,67 berada pada kategori “sangat baik”. Gambaran kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) diperoleh rata-rata 47,48 berada pada kategori “kurang”. Sedangkan kemampuan komunikasi matematis siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) diperoleh rata-rata 73,12 berada pada kategori “baik”. Berdasarkan analisis uji normalitas dan uji homogenitas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan sampel berasal dari kelompok yang homogen. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai signifikan 0,000 dengan taraf signifikan 5%. Apabila nilai signifikan dibandingkan dengan 0,05 yaitu 0,0000,05 maka hipotesis alternatif diterima atau disetujui kebenarannya. Artinya “Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Sorkam”.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...