JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 7 No 3 (2019): Vol.7.No.3.2019

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR STATISTIK EKONOMI I SEMESTER III PENDIDIKAN EKONOMI IPTS PADANGSIDIMPUAN

Sri Hartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar Statistik ekonomi I semester III Pendidikan Ekonomi IPTS Padangsidimpuan yang terdiri dari 57 mahasiswa. Metode penilitian yang digunakan adalah deskriptip sedangkan teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah total sampling dan jumlah sampel 57 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data mengunakan angket dan tes. Data yanng dikumpulkan dianalisis dengan dua cara analisis deskriptip dan analisis kompratif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui gambaran kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Statisik Ekonomi I semester III Prodi Pendidikan Ekonomi IPTS Padangsidimpuan diperoleh nilai sebesar 75.00 Gambaran motivasi ekstrinsik terhadap hasil Statistk Ekonomi I semester III Prodi Pendidikan Ekonomi IPTS Padangsidimpuan di peroleh nilai sebesar 75,88. Sedangkan gambaran hasil belajar Statistik Ekonomi I semester III Prodi Pendidikan Ekonomi IPTS Padangsidimpuan, diperoleh nilai sebesar 82,95. Hasil analisis uji hipotesis diketahui nilai Fhitung sebesar 2,859. Kemudian nilai signifikan yang didapat sebesar 0,000 maka diketahui bahwa nilai signifikan (2-tailed)<0,05 atau 0,000<0,05artinya “terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar Statistik Ekonomi I semester III Prodi Pendidikan Ekonomi IPTS Padangsidimpuan” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar Statistik ekonomi I semester III Pendidikan Ekonomi IPTS Padangsidimpuan yang terdiri dari 57 mahasiswa. Metode penilitian yang digunakan adalah deskriptip sedangkan teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah total sampling dan jumlah sampel 57 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data mengunakan angket dan tes. Data yanng dikumpulkan dianalisis dengan dua cara analisis deskriptip dan analisis kompratif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui gambaran kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Statisik Ekonomi I semester III Prodi Pendidikan Ekonomi IPTS Padangsidimpuan diperoleh nilai sebesar 75.00 Gambaran motivasi ekstrinsik terhadap hasil Statistk Ekonomi I semester III Prodi Pendidikan Ekonomi IPTS Padangsidimpuan di peroleh nilai sebesar 75,88. Sedangkan gambaran hasil belajar Statistik Ekonomi I semester III Prodi Pendidikan Ekonomi IPTS Padangsidimpuan, diperoleh nilai sebesar 82,95. Hasil analisis uji hipotesis diketahui nilai Fhitung sebesar 2,859. Kemudian nilai signifikan yang didapat sebesar 0,000 maka diketahui bahwa nilai signifikan (2-tailed)<0,05 atau 0,000<0,05artinya “terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar Statistik Ekonomi I semester III Prodi Pendidikan Ekonomi IPTS Padangsidimpuan”

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...