Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban
Vol 7 No 1 (2019)

MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN

Replianis Replianis (Guru Sekolah Luar Biasa Prof. Sri Soedewi Maschum Sofwan SH Jambi)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2019

Abstract

Manajemen kelas merupakan upaya mengelola siswa di dalam kelas yang dilakukan untuk menciptakan dan mempertahankan suasana/kondisi kelas yang menunjang program pengajaran dengan jalan menciptakan dan mempertahankan motivasi siswa untuk selalu ikut terlibat dan berperan serta dalam proses pendidikan di sekolah. Secara umum tujuan manajemen kelas adalah penyediaan fasilitas bagi bermacam-macam kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosional dan intelektual dalam kelas. Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Kegiatan perencanaan kelas bertujuan untuk mengetahui tentang arah, tujuan, tindakan, sumber daya, sekaligus metode atau teknik yang tepat untuk digunakan guru dalam proses pembelajaran di kelas. Pengorganisasian kelas berkaitan dengan pengaturan sumber daya yang akan digunakan baik berupa pengaturan manusia ataupun pengaturan fasilitas. Guru perlu melakukan pengawasan terhadap peserta didik agar tidak terjadi penyimpangan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

al-afkar

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban merupakan jurnal keislaman dan peradaban dengan kajian multidisipliner, terbit dua kali dalam satu tahun (April dan Oktober), dikelola oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fak. Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indragiri Tembilahan. Redaksi menerima ...