Abstrak - Dalam kondisi sekarang ini dimana laju permintaan tehadap Bank tidak secepat penawarannya karena daya beli yang terbatas,semakin mendorong perusahaan untuk lebih meningkatkan lagi promosi penjualannya serta memberikan berbagai kemudahan dalam pembelian kepada konsumen yaitu dengan penjualan barang dagang secara kredit diharapkan bias meningkatkan laba yang akan diperoleh perusahaan. Penjuualan secara kredit ini kemudian berkembang dimana lamanya kredit yang diberikan menjadi beberrapa ttahun dan pelunasan atas kredit dilakukan secara rutin dalam periode tertentu,yang kemudian dikenal dengan penjualan cicilan. Promosi penjualan dapat dilakukan melalui berbagai cara diantaranya melalui iklan baik itu iklan dari radio, televise, maupun iklan dikoran-koran atau majalah. Didalam melakukan penjualan cicilan ini akan meningkatkan piutang usaha yang merupakan jumlah yang terutang oleh pelanggan kepada perusahaan akibat penjualan barang dagang secara kredit.Dilakukan penjualan secara cicilan ini adalah untuk mencapai tujuan pokok,diantaranya yaitu untuk member pelayanan pada konsumen, meningkatkan volume penjualan,memperluas area pemassaran dan mengatasi persaingan antara produk sejenis. Darri segi konsumen,penjualan cicilan ini juga menguntungkan bagi mereka, terutama yang berpenghasilan rendah yang sering kali mengalami kesulitan dalam membeli barang-barang yang harganya relatil mahal. Selanjutnya ditambahkan bahwa cirri-ciri lain dalam penjualan adalah setiap penjualan cicilan biasanya memerlukan uang muka (Down Payment) dan akan menimbulkan piutang yang dibayarkan pada saat terjadinya penjualan dan diikuti dengan pembayaran periodic yang umumnya sama besar. Karena jangka waktu pelunasan pembayaran yang relative panjang, maka perusahaan akan mengenakan bunga terhadap belum dilunasi.besarnya tingkat bunga yang dikenakan yaitu jumlah yang dibiayainya harga jual dikurangi (down payment). Kata Kunci : Laba Kotor, Penjualan, Laporan Keuangan
Copyrights © 2013