IKRA-ITH Humaniora : Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 4 No 2 (2020): IKRAITH-HUMANIORA VOL 4 NO 2 Bulan Juli 2020

HUBUNGAN KECEMASAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESIVITAS ANAK JALANAN DI SEKOLAH MASTER INDONESIA DEPOK

Tazkiyah, Nuril (Unknown)
Maria J. Silaen, Sondang (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecemasan dan kecerdasan emosionaldengan kecenderungan perilaku kecenderungan perilaku agresivitas anak jalanan yangbersekolah di SMA Master Indonesia Depok. Penelitian ini menggunakan metode penelitiankuantitatif. Populasi panelitian ini adalah anak jalanan di SMA Master yang berjumlah 154.Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yaitu dengan melihat tabelTabel Morgan sehingga diperoleh 108 siswa yang dijadikan sampel. Pengumpulan datamenggunakan kuesioner skala Likert untuk mengukur kecenderungan perilakukecenderungan perilaku agresivitas, skala HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale) untukmengukur kecemasan, dan skala TEIQue-ASF (Trait Emotional Intelligence Questionnaire-Adolescent Short Form) untuk mengukur kecerdasan emosional. Data diolah menggunakanSPSS versi 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antarakecemasan dan kecerdasan emosional dengan Kecenderungan perilaku kecenderunganperilaku agresivitas anak jalanan di Sekolah Master Indonesia Depok dengan koefisienkorelasi (R) sebesar 0,232 dan P = 0,000 (p< 0,05).

Copyrights © 2020