Jurnal Ekobistek
Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Ekobistek UPI "YPTK" Padang

STRATEGI PEMASARAN USAHA UBI UNGU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN PADA KELOMPOK TANI PATAMUAN KITO

Salim, Emil (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2017

Abstract

Sektor pertanian merupakan sektor paling potensial dalam perekonomian di Indonesia khususnya di Sumatra Barat, Karena sektor pertanian merupakan sektor penting dalam menyediakan kebutuhan ? kebutuhan pokok masyarakat dan ikut serta mendorong perkembangan perekonomian lainnya. Sayangnya, keadaan Indonesia yang krisis seperti saat ini sangat mempengaruhi kondisi perekonomian negara. Disatu sisi kita dipusingkan, tapi di sisi lain keadaan ini bisa menjadi peluang kita untuk membuka usaha baru dibidang pertanian atau mengembangkan usaha pertanian yang sudah ada. Dengan keadaan krisis seperti ini sektor pertanian akan sangat berkembang dengan mengekspor komoditasnya. Seiring dengan kebutuhan masyarakat yang semakin beragam seharusnya menjadikan sebuah peluang pasar yang menguntungkan  bagi pelaku usaha seperti pengusaha makanan ringan. Pada saat sekarang usaha makanan ringan sudah mulai berkembang pesat di Indonesia, banyaknya  macam - macam makanan ringan  yang di jual di pasaran membuat semakin banyak juga pilihan bagi para konsumen yang tentu saja akan menimbulkan  persaingan, dan bahan baku utamalah yang merupakan kunci dari kesuksesan dalam sebuah usaha, karena hanya bahan baku yang berkualitaslah yang mampu membuat proses penjualan dan distribusi produk menjadi lancar, semakin baik kualitas bahan baku maka semakin tinggi pula permintaan konsumen terhadap produk tersebut.  Salah satu jenis usaha makanan ringan pada saat sekarang ini adalah usaha keripik ketela ungu yang mulai berkembang pesat di pasaran, untuk memasarkannya ubi ungu dibutuhkan strategi pemasaran yang efektif dan efesien, agar kinerja pemasarannya sesuai dengan yang diharapkan oleh para petani. Namun, kelompok tani Patamuan kito banyak mengalami kendala khususnya dalam proses pemasaran ubi ungu tersebut misalnya cuaca  ekstrim yang belakangan ini sering terjadi  membuat produksi ubi ungu sendiri mengalami penurunan yang ujungnya berdampak pada pemasaran ubi ungu tersebut yang terkesan menjadi tidak efektif dan cendrung lamban, selain itu masuknya impor ubi ungu dari negara lain menyebabkan terjadinya persaingan yang kompetitif dan di iringi dengan daya  beli konsumen yang menurun, hal lain yang menghambat proses pemasaran ubi ungu adalah semakin berkembang biaknya hama babi hutan dilahan pertanian para petani ubi ungu yang menyebabkan penurunan hasil panen.Kata Kunci: Peluang Pasar,Strategi Pemasaran, Kinerja Pemasaran .

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

EKOBISTEK

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal EKOBISTEK (Ekonomi, Bisnis dan Teknologi) adalah jurnal yang dipublikasi oleh Universitas Putra Indonesia YPTK Padang Sumatera Barat Indonesia. Jurnal EKOBISTEK terbit dua kali setahun yaitu, pada bulan Juni dan Desember. Jurnal EKOBISTEK menerima dan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dari ...