Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi resiko, dan kepercayaan terhadap minat bertransaksi dalam penggunaan aplikasi melalui persepsi kegunaan dan persepsi kemudahaan penggunaan PayTren. Metode penelitian yang digunakan adalah desain kausal yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat dalam menganalisis hubungan atau pengaruh antara variabel faktor ?faktor yang mempengaruhi minat bertransaksi aplikasi PayTren. Teknik pengambilan sampel yakni dengan teknik purposive sampling. Pengambilan sampel kuisioner sebanyak 200 sampel disebar kepada responden, yaitu pengguna aplikasi PayTren. Metode analisis data yang digunakan adalah Stuctural Equation Modeling (SEM) pada program AMOS untuk menguji hubungan antar variabel. Pada hasil penelitian ini, persepsi resiko berpengaruh signifikan dengan kepercayaan sebesar -0,464 yang artinya jika persepsi resiko dari pengguna meningkat satu satuan, maka nilai kepercayaan akan menurun senilai 0,464. Hal ini menunjukkan pengaruh yang cukup kuat antar dua variabel ini. Kepercayaan juga berpengaruh signifikan terhadap persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan yang akhirnya juga mempengaruhi secara signifikan terhadap minat bertransaksi. Namun Persepsi resiko tidak berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan pada aplikasi PayTren.Kata kunci : e-commerce, persepsi resiko, kepercayaan, persepsi kegunaan, persepsi kemudahaan penggunaan , minat bertransaksi.
Copyrights © 2017