IKRA-ITH Humaniora : Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 3 No 3 (2019): IKRAITH-HUMANIORA VOL 3 NO 3 Bulan November 2019

PENGARUH ANAK DALAM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH TINGGAL

Aulawi, Hanif (Unknown)
Shalahuddin, Shalahuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2019

Abstract

Beberapa tahun terakhir pembangunan di Indonesia berjalan sangat pesat. Tidak hanyadiperkotaan, bahkan sampai ke pelosok sekalipun pembangunan disegala bidang sedangdigiatkan. Salah satu pembangunan yang sangat tumbuh dan berkembang adalah pembangunanperumahan residensial. Hampir disetiap kota pasti ada perumahan baru. Bukan hanya dikotabesar, melainkan didaerah pinggiran juga sangat pesat. Tempat tinggal adalah salah satukebutuhan dasar manusia. Bukan hanya sekedar tempat tinggal, tetapi tempat tinggal yang layak.Karena dengan tempat tinggal yang layak maka keluarga yang harmonis bisa terbentuk. Keluargaterdiri dari orang tua dan anak. Anak adalah buah hati dalam pernikahan. Bagi marketer anakbukan hanya dijadikan sebagai target market, tetapi juga sebagai media dalam berpromosi.Ditahun 90an pada majalah anak-anak Bobo, pertama kalinya dalam sejarah di Indonesia suatuperusahaan mobil memasang iklan di majalah tersebut. Majalah yang ditujukan untuk anak-anakterdapat iklan mobil. Bukan itu saja pada majalah edisi tersebut juga dilampirkan bonus berupaprakaya kertas lipat yang bila dilipat dan ditempel akan membentuk suatu mobil. Hal ini sangatmenarik, anak yang belum memiliki daya beli tetapi memiliki kemampuan untuk mempengaruhiorang tua mereka dalam pembelian suatu produk. Tujuan pada penelitian ini adalah untukmengetahui pengaruh anak dalam proses pengambilan keputusan pembelian rumah tinggal. Hasilpenelitian menunjukkan anak memiliki pengaruh dalam proses pengambilan keputusanpembelian rumah tinggal dalam keluarga, baik secara langsung maupun tidak langsung

Copyrights © 2019