Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sebarapa besar pengaruh faktor bauran pemasaran terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Program Studi MM UPI ?YPTK? Padang. Metode penelitian adalah metode proportionate stratified random sampling. Dengan responden 54 orang yaitu mahasiswa Program Studi MM UPI ?YPTK? Padang dari populasi 178 orang.Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berbentuk angket model skala likert yang dikelompokkan menjadi 8 bagian yaitu product marketing , price marketing, promotionmarketing, placemarketing, peoplemarketing, process marketing, dan physical evidencemarketing(variabel X)dan keputusan mahasiswa (variabel Y)Analisa data mengunakan metode analisa SPSS version 13.0 for Windows yaitu : 1). Statistik deskriptif, yang menggambarkan identitas responden. 2).Berdasarkan analisa validitas, semua variabel X dapat digunakan, ini dibuktikan bahwa ke 7 (tujuh) variabel dengan instrument pertanyaan sebanyak 4 (empat) pada masing-masingnya dinyatakan valid dan berkorelasi signifikan terhadap nilai total variabelnya pada tingkat 0,01 atau 1 %. 3). Analisa reliabilitas, variabel bebas yang reliabel adalah product, price,place, process, dan physical evidence. Hal ini dibuktikan dengan Cronbach?s alpha yang bernilai diatas 0,60. Sedangkan promotion dan people dikeluarkan dari analisa regresi berganda karena tidak reliabel. 4.) Berdasarkan uji t pada hasil analisa regresi berganda, diantara variabel yang signifikan adalah konstanta dan variabel price, sedangkan variabel yang lain secara parsial tidak signifikan. Namun berdasarkan uji F model ini menunjukkan semua variabel yang diuji yaitu variabel product, price,place, process, dan physical evidence, secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Y. 5). pengaruh product, price,place, process, dan physical evidence sebesar 34,6 %, sedangkan sisanya sebesar 65,4 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak tercakup dalam variabel penelitian.Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa keputusan untuk mengikuti program studi MM UPI ?YPTK? Padang dipengaruhi oleh bauran pemasaran baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Untuk itu disarankan agar faktor bauran pemasaran lebih ditingkatkan lagi terutama pada faktor pelayanan jasa. Keyword : Bauran Pemasaran, Signifikan , random sempling.
Copyrights © 2016