Jurnal Ekobistek
Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Ekobistek UPI "YPTK" Padang

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN,KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TELKOMSEL DI LINGKUNGAN PELAJAR

E Janrols, Viola Syukrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2017

Abstract

 Berdasarkan pengamatan dan studi pengalaman, peneliti menemukan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk Telkomsel dilingkungan pelajar SMKN 1 Bukittinggi masih rendah. Peneliti menduga bahwa rendahnya kualitas pelayanan dan kualitas produk disebabkan oleh banyak faktor, antara lain kurang nya pelatihan yang diberikan, rendahnya motivasi kerja,dan kurang demokratis nya kepemimpinan Manajer.Untuk menjawab permasalahan tersebut ada dua hipotesis peneliti ajukan. Pentama; ada pengaruhkualitas pelayanan,kualitas produk dan promosi secara simultanterhadap loyalitas pelanggan telkomsel di lingkungan pelajar SMKN 1 Bukittinggi,Kedua; ada pengaruhkualitas pelayanan,kualitas produk dan promosi secara parsialterhadap loyalitas pelanggan telkomsel di lingkungan pelajar SMKN 1 Bukittinggi.Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMKN 1 Bukittinggi, Sampel dalam penelitian ini  diambil semua populasi yaitu sebanyak 1300 orang.  Data dikumpulkan dengan mengunakan metode convenience.Kemudian ke 96 angket (data) dianalisis mengunakan teknik korelasi dan regresi liner berganda dengan bantuan program komputer SPSS for windows versi 20.00.Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat kontribusi pengaruhkualitas pelayanan,kualitas produk dan promosi secara simultanterhadap loyalitas pelanggan sebesar 46,6 %.Kalau dilihat pengaruhnya pada persamaan regresi  yaitu  ? = -2.893+ 0,030X1 + 0,136X2. + 0,885 X3.Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikankualitas pelayanan,kualitas produkDan promosisecara simultan terhadap loyalitas pelanggan. Maka penulis menyarankan kepada pihak yang terkait untuk  meningkatkan kualitas pelayanan,kualitas produk dan promosi sehingga loyalitas pelanggan lebih baik atau meningkat secara signifikan. Ini tidak berarti bahwa faktor-faktor lain seperti tarif, jangkauan sinyal,fasilitas,proses complain,dan tempat.Keyword :kualitas pelayanan, kualitas produk, promosi dan loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

EKOBISTEK

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal EKOBISTEK (Ekonomi, Bisnis dan Teknologi) adalah jurnal yang dipublikasi oleh Universitas Putra Indonesia YPTK Padang Sumatera Barat Indonesia. Jurnal EKOBISTEK terbit dua kali setahun yaitu, pada bulan Juni dan Desember. Jurnal EKOBISTEK menerima dan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dari ...