Kecerdasan emosional disebut sebagai kemampuan untuk mengembangkan kepribadian bagi mahasiswa. Kecerdasan ini lebih mungkin untuk dipelajari dan dimodifikasi dalam upaya meraih kesuksesan ataupun prestasi hidup. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan setiap komponen kecerdasan emosional, yang akan ditinjau dari beberapa aspek yakni pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial. Selain itu juga menguji pengaruh komponen kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Pengukuran tingkat pemahaman akuntansi berdasarkan nilai-nilai yang diperoleh mahasiswa terkait mata kuliah alat atau kompetensi di program studi akuntansi. Hasil pengujian hipotesis penelitian akan dianalisa dari hubungan antar komponen kecerdasan emosional dan adakah pengaruhnya baik secara parsial maupun simultan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Dengan menggunakan uji pearson correlation diperoleh kesimpulan terjadinya hubungan/sinkronisasi diantara komponen kecerdasan emosional. Namun berdasarkan uji t-statistik baik secara parsial maupun secara simultan menunjukkan bahwa komponen-komponen kecerdasan emosional tidak bepengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi.Kata kunci: Sinkronisasi, Kecerdasan Emosional, dan Pemahaman Akuntansi
Copyrights © 2017