Bahan bakar minyak merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan banyakdigunakan sektor otomotif. Sektor otomotif pengguna bahan bakar minyak adalah internalcombustion engine seperti yang digunakan di mobil. Untuk meningkatkan efisiensi pembakaraninternal combustion engine, efisiensi volumetris perlu ditingkatkan dengan menaikkan tekananudara masuk menggunakan turbocharger. Bagian dari turbocharger yang menaikkan tekananudara masuk adalah kompressor yang desainnya sangat mempengaruhi kenaikan tekanan udara.Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan simulasi computational fluid dynamic, yaitusekumpulan metodologi yang menggunakan komputer untuk melakukan simulasi aliran fluidadengan memecahkan persamaan Navier-Stokes secara numerik. Sedangkan analisa data yangdilakukan adalah analisa terhadap pola aliran udara dan kenaikan tekanan udara. Modifikasi yangdilakukan pada penelitian ini yaitu memodifikasi panjang splitter blade dan jumlah main blade.Dari hasil penelitian diketahui bahwa modifikasi 8 main blade adalah modifikasi yang paling baik,menaikkan tekanan udara sebesar 19.96%. Modifikasi panjang splitter blade kurang efektif karenahanya menaikkan tekanan udara sebesar 4.3%.
Copyrights © 2016