Mechanova
Vol 4 (2015): Semester genap 2015-2016

PENGARUH PENGURANGAN DIAMETER VALVESTEM DAN PENAMBAHAN RADIUS VALVENECK TERHADAP PERFORMA MOTOR BAKAR HONDA SUPRA FIT 100 CC

Paul James Huang’s (Unknown)
teng sutrisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2018

Abstract

Salah satu untuk meningkatkan performa dari sepeda motor adalah dengan melakukanpenggantian katup standard ke katup racing. Katup racing ini bertujuan untuk memperlancaraliran udara yang masuk ke ruang bakar. Katup racing, biasanya, cara memodifikasinya adalahdengan melakukan pengurangan diameter pada batang katup. Pemilihan diameter katup padapenelitian ini adalah pengurangan sebesar 0,7 mm, 0,9 mm, dan 1,1 mm, dan membandingkanketiga diameter dengan katup ukuran standard.Metode pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan melakukan simulasi alirandengan menggunakan program komputer ANSYS. Serta dengan melakukan uji dynotest untukmengetahui peningkatan daya dan torsi, sebelum dan sesudah dilakukan penggantian padamasing-masing variasi pada katup.Hasil yang didapatkan setelah melakukan simulasi adalah katup dengan diameter batang yangdiperkecil menghasilkan pressure drop yang lebih kecil dan velocity yang besar. Hasil tersebutdicapai oleh katup dengan pengurangan sebesar 0,9 mm. Untuk hasil dynotest, daya tertinggidicapai oleh katup dengan pengurangan sebesar 1,1 mm. yaitu 6,8 HP, mengalami pengingkatansebesar 17,24%. Sedangkan torsi maksimum dicapai oleh katup dengan pengurangan 0,9 mm,yaitu 7,39 N.m, meningkat sebesar 14,75% dari katup standard.

Copyrights © 2015