Dapat dikatakan bahwa kerja motor bakar ditentukan salah satunya oleh rapat masa lajualiran udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Salah satu upaya untuk meningkatkan performamesin adalah dengan, mengubah saluran air intake. Pada saluran air intake diciptakan open airintake dimana terdapar filter udara model terbuka berbentuk corong yang juga di sebut denganVelocity Stack Intake. Velocity stack intake bertujuan untuk meningkatkan performa kendaraandengan menghasilkan aliran udara dengan nilai turbulensi yang rendah. Penelitian dilakukandengan melakukan perubahan pada radius inlet velocity stack intake standart 8mm dengan radiusyang lebih besar yaitu, 15mm dan 30mm. Perubahan pada radius inlet bertujuan untukmenghasilkan koefisien kerugian minor yang rendah dan nilai turbulensi yang rendah.Dari hasil pengujian daya dan torsi yang dilakukan, daya meningkat sebesar 3.4% dankenaikan torsi sebesar 6,6% dari standart. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwapenggunaan velocity stack intake dengan radius inlet yang besar yaitu 30mm menghasilkan nilaiturbulensi yang kecil sehingga menghasilkan peningkatan daya dan torsi pada kendaraan.
Copyrights © 2016