Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan
2019: Menuju Penerapan Teknologi Terbarukan pada Industri 4.0: Perubahan Industri dan Transformasi P

Implementasi algoritma Apriori untuk Penentuan Weekend Product Promotion pada Minimarket “XYZ”

Utami, Ruli (Unknown)
Atmojo, Suryo (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2019

Abstract

Bisnis ritel merupakan industri berpotensi besar di Indonesia, bentuk ritel yang banyak bermunculan adalah Minimarket. Banyaknya ritel sejenis mengakibatkan persaingan yang sangat ketat, dalam kondisi seperti ini para pengusaha ritel harus mempertimbangkan berbagai cara agar dapat bertahan dalam persaingan. Salah satu strategi yang banyak diterapkan oleh minimarket atau hypermart saat ini adalah promo akhir pekan(weekend product promotion). Dengan implementasi algoritma Apriori untuk mengelompokkan kombinasi hubungan antar produk dari data transaksi harian ritel tersebut. Dari hasil analisa dengan algoritma apriori dapat disimpulkan bahwa ada 2 (dua) aturan asosiasi yang memenuhi syarat minimum confidence sesuai aturan asosiasi dengan nilai confidence lebih dari sama dengan 75%, yaitu aturan asosiasi nomor 7 (tujuh) dan nomor 10 (sepuluh). Aturan asosiasi nomor 7 menunjukkan bahwa jika konsumen membeli produk F, maka kemungkinan untuk membeli produk J adalah adalah 75%, dan aturan asosiasi nomor 10 menunjukkan bahwa jika konsumen membeli produk B, maka kemungkinan untuk membeli produk J adalah adalah 80%. Sehingga manajemen minimarkat dapat mengatur startegi pemasaran dengan menawarkan promo paket yang berisi dua jenis produk sesuai hasil pembahasan di atas untuk weekend promotion untuk menigkatkan penjualan produk pada minimarket tersebut.

Copyrights © 2019