Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan
Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Pad

Perilaku Siswa Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMAN 3 Kota Pariaman Tahun 2018

Nadia Muspita Sari (UNP)
Erianjoni Erianjoni (UNP)
Ike Sylvia (UNP)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku siswa menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMAN 3 Kota Pariaman tahun 2018. Penelitian ini dianalisis dengan teori atribusi yang dikemukakan oleh Fritz Heider. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif, teknik pemilihan informan purposive sampling dengan jumlah informan 41 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan mengunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku siswa dikelompokan menjadi dua yaitu perilaku positif dan perilaku negatif. Perilaku positif terdiri dari perilaku valisional, perilaku aktif, perilaku normatif, dan perilaku mandiri pada saat UNBK berlangsung. Perilaku positif ditunjukan oleh mayoritas siswa berasal dari jurusan IPA yang dibuktikan hasil UNBK lebih tinggi dan lebih banyak diterima di perguruan tinggi. Perilaku ini didominasi oleh kekuatan atribusi internal. Sedangkan perilaku negatif terdiri dari; perilaku stereotip, perilaku pasif, perilaku menyimpang, dan perilaku bergantung kepada orang lain. Perilaku ini ditunjukan oleh mayoritas siswa jurusan IPS yang dibuktikan hasil UNBK rendah dan sedikit diterima di perguruan tinggi. perilaku ini didominasi oleh kekuatan atribusi eksternal.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan aims to facilitate interaction, discussion and updating of ideas from Students of Education, Sociology and Anthropology in Indonesia. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan contains empirical research in the fields of ...