Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan
Vol 2 No 4 (2019): Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Pad

Perilaku Belajar Mahasiswa Pecandu Smartphone di Jurusan Sosiologi FIS UNP

Redy Febrian (Unknown)
Ike Sylvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2019

Abstract

Perilaku belajar merupakan segala bentuk perilaku yang ada dalam proses pembelajaran. Proses perkuliahan di perguruan tinggi juga merupakan proses dari belajar yang dijalani mahasiswa. Media pembelajaran juga cukup beragam. Salah satunya adalah penggunanaan teknologi berbasis internet. Internet dapat diakses menggunakan smartphone. Mahasiswa yang pecandu smartphone memanfaatkan keadaan ini dengan baik. Mereka memanfaatkan smartphone untuk hal yang berhubungan dengan perkuliahan dan juga hal yang tidak berhubungan dengan perkuliahan. Ketergantungan mahasiswa terhadap smartphone menimbulkan perilaku-perilaku unik dalam proses perkuliahan dan menarik untuk dikaji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa terdapat beberapa perilaku belajar yang dimiliki mahasiswa pecandu smartphone yaitu kebiasaan memilih tempat duduk, perilaku afektif, perilaku menyimpang saat perkuliahan, keterampilan mencari dan menggunakan referensi elektronik, perilaku disiplin menyelesaikan tugas, dan berfikir rasional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan aims to facilitate interaction, discussion and updating of ideas from Students of Education, Sociology and Anthropology in Indonesia. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan contains empirical research in the fields of ...