Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematik Siswa SMP Dengan Pendekatan Kontekstual

Elma Lusiana Arafani (IKIP SILIWANGI)
Elin Herlina (IKIP SILIWANGI)
Luvy Sylviana Zanthy (IKIP SILIWANGI)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik melalui pendekatan pembelajaran kontekstual. Desain penelitian yang digunakan adalah desain dua kelompok dengan pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri di kota Cianjur. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri di kota Cianjur yang diambil secara acak dan terpilih dua kelas sebagai kelompok eksperimen yang mengikuti pendekatan pembelajaran kontekstual dan sebagai kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran biasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes. Analisis statistik yang digunakan adalah N-Gain score untuk hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan pendekatan pembelajaran kontekstual lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik dengan pembelajaran biasa. Pendekatan Pembelajaran kontekstual memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran matematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...