Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik terhadap pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas V SD, metode peneltian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD 55 Air Pacah Kota Padang, dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar siswa pada tes akhir materi bangun ruang, dari hasil yang diperoleh didapatkan informasi bahwa penggunaan lembar kerja peserta didik berpengaruh terhadap pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas V SD. Pada tes akhir diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 81.03 dan kelas kontrol sebesar 75.00. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen dan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung 2,25 dan ttabel 2,00 ini artinya thitung > ttabel, Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan lembar kerja peserta didik berpengaruh terhadap pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas V SD.
Copyrights © 2019