Biolearning Journal
Vol 4 No 1 (2017): Biolearning Journal (Februari 2017)

EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PERMAINAN AUNG-CARBON-CARD PADA MATERI PELAJARAN SENYAWA KARBON

Aung Sumbono (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2017

Abstract

Tujuan dalam penelitian adalah mengetahui keefektifan, tingkat kemudahan dan tingkat ketertarikan siswa penggunaan media permainan Aung-Carbon-Card (ACC) dalam pembelajaran struktur senyawa karbon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Sampel yang digunakan yakni siswa kelas X IPA-1dianggap sebagai kelompok konrol (KC), kelas X IPA-2 (E1), kelas X IPA-3 (E2) dan kelas IPA-4 (E3) dijadikan kelompok eksperimen. Sumber data penelitian ini diperoleh dari tes, angket dan observasi. Instrumen yang digunakan sebelumnya dilakukan uji instrumen untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh dilakukan uji normalitas data. Uji hipotesis dilakukan dengan perhitungan uji statistik uji T two sampel independent menggunakan SPSS 17. Hasil penelitian diperoleh: 1). Pembelajaran senyawa hidrokarbon menggunakan media permainan kartu ACC lebih efektif dibuktikan pada hasil tes dengan uji T, nilai Thitung > Ttabel. 2) Kartu ACC menarik perhatian siswa dalam mempelajari pokok bahasan senyawa karbon dibuktikan dengan hasil angket persentase siswa yang menyatakan permainan kartu ACC hal yang menarik. Hasil persentase E1 88%, E2 85% dan E3 74%. Hasil perhitungan terhadap respon siswa masing-masing kelas eksperimen terhadap KC Thitung > Ttabel. 3). Media permainan kartu ACC dapat membantu mempermudah siswa dalam mempelajaripokok bahasan senyawa dengan hasil angket persentase siswa yang menyatakan bahwa lebih mudah memahami materi dengan menggunakan ACC E1= 76%, E2 = 85% dan E3 = 81%. 4). Media permainan kartu ACC sesuai dan tepat jika digunakan dibuktikan dengan observasi dengan nilai Thitung > Ttabel.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnalbiolearning

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Biolearning Journal is a container of scientific publications with a scientific scope that is the science of education and the science of biology and all things related to science and directly related to the application of the science of education and biological sciences. Biolearning Journal is ...