Biolearning Journal
Vol 6 No 1 (2019): Biolearning Journal (Februari 2019)

PENGARUH APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP N 10 KABUPATEN SORONG

Muhammad Kasdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran biologi menggunakan pembelajaran berbasis alam sekitar sekolah sebagai aplikasi pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di SMP N 10 Kabupaten Sorong pada bulan Mei 2016, dengan mengunakan populasi yang berjumlah 40 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 20 siswa untuk kelas VIIIA dan 20 siswa untuk kelas VIIIB. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. deskriptif kuantitatif dengan analisis komperatif. Instrumen yang digunakan adalah tes, yang sebelumnya diuji validitas dan uji reliabilitas. Hasil uji validitas pada instrumen yang digunakan valid. Data tes berdistribusi homogen dan semua normal. Hasil uji t-test paired sampel kelas VIIIA yakni thitung > ttabel (0,401 < 2,09 ) dan kelas VIIIB thitung > ttabel (15,884 > 2,10092) sehingga ada perbedaan pada hasil belajar siswa sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis alam sekitar sekoalah lingkungan alam sekitar sekolah sebagai aplikasi pembelajaran dan dari hasil tes siswa yang diperoleh bahwa aplikasi pembelajaran tersebut efektif sebagai aplikasi pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnalbiolearning

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Biolearning Journal is a container of scientific publications with a scientific scope that is the science of education and the science of biology and all things related to science and directly related to the application of the science of education and biological sciences. Biolearning Journal is ...