Biolearning Journal
Vol 5 No 1 (2018): Biolearning Journal (Februari 2018)

STUDI KASUS HUBUNGAN TINGKAT KEHADIRAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 2 AIMAS

Imam Supriyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan pengaruh tingkat kehadiran siswa terhadap prestasi belajar biologi di SMA Negeri 2 Aimas, serta mencari faktor-faktor apa saja yang menyebabkan siswa itu absen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cara pengambilan sampel secara keputusan (judgemental sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X yang berjumlah 22 siswa. Dalam pengambilan data digunakan instrumen dokumentasi dan anget. Untuk mengetahui adanya hubungan digunakan analisis korelasi pearson product moment (PPM). Untuk mengetahui adanya pengaruh digunakan analisis regresi sederhana. Sedangkan untuk mengetahui apakah data berpola linier digunakan uji linieritas dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siwa absen dengan mendeskripsikan hasil anget. Hasil analisis korelasi diperoleh hasil t hitung > t tabel atau 7,04 > 1,725 artinya terdapat hubungan yang signifikan tingkat kehadiran siswa(variabel X) dengan prestasi belajar biologi (variabel Y). Hasil analisis regresi diperoleh F hitung > F tabel atau 53,38 > 4,35 artinya terdapat pengaruh yang signifikan tingkat kehadiran siswa terhadap prestasi belajar biologi. Sedangkan untuk uji linieritas diperoleh F hitung < F atau 1,72 < 2,85 artinya data berpola linier dengan persamaan regresinya adalah Y = -4,28 + 7,62X. Faktor faktor yang mempengaruhi siswa sering absen di SMA Negeri 2 Aimas sebagian kecil itu beragam, sedangkan sebagian besar karena peraturan sekolah yang masih longgar kurang menidaklanjuti siswa yang alpa/bolos, penyampaian materi oleh guru yang cenderung monoton serta fasilitas laboratorium, perpustakaan yang belum cukup memadai.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnalbiolearning

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Biolearning Journal is a container of scientific publications with a scientific scope that is the science of education and the science of biology and all things related to science and directly related to the application of the science of education and biological sciences. Biolearning Journal is ...