RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 4, No 2 (2019): JURNAL RISTEKDIK BIMBINGAN DAN KONSELING - JULI-DESEMBER 2019

STUDI KASUS TERHADAP PERAN ORANGTUA DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTIS) DI DUSUN GARONGGANG DESA MARISI KECAMATAN ANGKOLA TIMUR

Nurhasanah Pardede (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)
Rini Febrianti (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Dusun Garonggang Desa Marisi Kecamatan Angkola Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan karakteristik yang dimiliki anak autis dan bagaimana mengetahui peran orangtua dalam menangani anak autis. Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data dengan turun langsung kelapangan dan melakukan teknik wawancara ketempat lokasi penelitian. Responden dalam penelitian ini berjumlah 2 orang. Data yang diperoleh telah diolah dalam bentuk analisis studi kasus kualitatif deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pada umumnya orangtua tidak mudah menerima kenyataan bahwa anaknya dinyatakan mengalami gangguan autis. Sikap mental yang belum atau tidak bisa menerima kenyataan ini seringkali berdampak pada kemampuan orangtua untuk menyesuaikan diri dengan khususnya keadaan anaknya. Di satu sisi autis membutuhkan penangan yang sangat kompleks dan membutuhkan partisipasi dan peran aktif orangtua dalam banyak hal terkait dalam proses terapi. Sehingga perhatian terhadap orangtua dengan anak autis sangat penting, karena dengan penerimaan dan penyesuaian diri yang baik diharapkan peran aktif mereka semakin baik dalam berbagai upaya penanganan autis untuk menunjang keberhasilan terapi. Kata Kunci : Peran Orangtua, Anak Autis, Angkola Timur

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Ristekdik

Publisher

Subject

Education

Description

RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ristekdik memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam bimbingan ...