WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer
Vol. 2 No. 1 (2019): Nopember

Pelatihan Promosi Penjualan Kentang Melalui Fan Page Facebook

Ni Nyoman Supuwiningsih (Unknown)
Asti Cintya Udayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Facebook merupakan salah satu media sosial yang terbesar saat ini, berdasarkan data tahun 2017 Indonesia termasuk pengguna facebook ke-4 terbesar. Selain untuk sosial media yaitu berkenalan dengan teman baru maupun bertemu dengan teman lama, facebook juga berfungsi sebagai wadah untuk promosi barang-barang yang akan dijual secara online. Berdasarkan fungsi facebook sebagai media untuk promosi penjualan maka hal ini memberikan kesempatan yang luas bagi pedagang yang berjualan secara konventional beralih jualan melalui media online untuk meningkatkan penjualan dan pangsa pasar secara luas karena pengguna facebook yang semakin banyak. Media online merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan sesuai analisis situasi di lokasi pengabdian masyarakat mengenai penjualan kentang di pasar induk Baturiti yang masih dilakukan secara konventional yaitu penjualan yang hanya menjangkau wilayah sekitar saja dan laporan penjualan masih dilakukan secara manual. Selain itu laporan penjualan masih dilakukan secara manual yaitu dicatat dalam buku sehingga tidak teratur dan rentan terhadap kehilangan catatan penjualan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan pelatihan mengenai cara memanfaatkan media sosial dalam memasarkan kentang dan melakukan pendampingan dalam pembuatan promosi fan page facebook dengan berbayar yang dapat menjangkau orang yang melihat iklan sesuai dengan anggaran promosi dan pelatihan pembuatan laporan penjualan terkomputerisasi menggunakan Microsoft Excel agar laporan penjualan lebih teratur dan dapat tersimpan dengan baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

widyabhakti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer yang memiliki filosofi memberikan pencerahan dalam hal ilmu pengetahuan kepada masyarakat dengan cara mentransfer ilmu pengetahuan dan pengalaman dari sumber literasi ilmiah dengan cara pelatihan dan penyuluhan, sosial, manajemen, peningkatan produksi, product ...