NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 6, No 3 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Melalui Media Gambar Seri Di Kelas I-A SD Negeri 200311 Padangsidimpuan Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019

Sariani Sariani (SD Negeri 200311 Padangsidimpuan)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200311 Padangsidimpuan dengan subjek penelitian adalah Kelas I-A yang berjumlah 28 orang siswa.Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, pengamatan atau lembaran observasi serta instrument-instrumen lain penunjang penelitian. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dansetiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, bahwa media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Untuk mengetahui peningkatan pembelajaran keterampilan berbicara melalui media gambar seri digunakan data yang berkaitan dengan aktifitas siswa dan aktifitas guru, serta pencapaian hasil belajar siswa.Hasil penelitian siklus I berdasarkan pelaksanaan RPP adalah 76,8% dan rekapitulasi penilaianbelajar siswa adalah 74%. Hasil penelitian siklus II berdasarkan pelaksanaan RPP adalah 83,9% dan rekapitulasi penilaian proses dan hasil belajar siswa adalah 83%. Dari hasil pengamatan dan rekapitulasi nilai yang diperoleh siswa,  terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penelitian dalam pembelajaran keterampilan berbicara melalui media gambar seri dapat tercapai dengan baik. Kata kunci : Keterampilan berbicara, Media Gambar Seri.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...