NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 6, No 3 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Penerapan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Upaya Peningkatan Kinerja Guru dalam Melaksanakan Evaluasi Hasil Belajar di SD Negeri 200217 Padangsidimpuan

Syamsul Syamsul (SD Negeri 200217 Padangsidimpuan)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2019

Abstract

Melalui kegiatan supervisi kepala sekolah ini dapat memberikan bimbingan, motivasi dan bantuan teknis kepada guru yang mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kinerja guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan supervisi yang meliputi program, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru SD Negeri 200212 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan sekolah, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, subjek penelitian 11 orang guru dari semua  mata pelajaran  dan kelas yang diampunya. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat kemampuan guru SD Negeri 200217 Padangsidimpuan yang Indikator keberhasilan penerapan tindakan yang ditetapkan oleh penulis sebesar 74,1 (Baik) di mana 4 guru masih mendapat nilai cukup dan  7 orang guru mendapat nilai baik sehingga belum ada yang mendapat nilai sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus  pertama secara keseluruhan belum tuntas, karena guru masih ada yang mendapatkan nilai cukup. Hal ini disebabkan karena guru masih merasa baru dan belum mengerti apa yang dimaksudkan dan digunakan guru dengan menerapkan pembinaan melalui supervisi akademik. Pelaksanaan kegiatan pembinaan pada siklus I ini masih terdapat kekurangan, sehingga dari hasil refleksi pada siklus pertama, peneliti merencanakan untuk melakukan  langkah penyempurnaan pada siklus II.  Dari hasil rekapitulasi perolehan data bahwa dengan pelaksanaan pendampingan pada siklus II terdapat peningkatan yang signifikan yakni dengan nilai 86 (amat baik) dan peningkatan kinerja guru atau dari 7 orang guru baru 6 orang yang sudah mendapat nilai amat baik dan 5 orang mendapat nilai baik, sehingga tidak ada lagi yang mendapat nilai cukup. Dengan kata lain supervisor kepala sekolah  berhasil dengan baik. Dari data diatas dapat di simpulkan  bahwa terdapat hasil yang sangat maksimal yakni peningkatan kinerja guru melalui supervisi akademik kepala sekolah sudah mencapai nilai 86 dari 7 guru sudah dapat mencapai tingkat pemahaman.  Dari hasil observasi pada siklus pertama dan siklus kedua dapat dilihat ada peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran yang baik yaitu dari nilai 74,1 (baik) ke 86 (amat baik). Setelah dilakukan tindakan pada siklus II terdapat kondisi yang berubah secara signifikan dari siklus I dimana bahwa tingkat kinerja guru untuk melaksanakan pembelajaran meningkat secara signifikan.  Peranan Kepala sekolah dapat meningkatkan pengetahuan serta kinerja guru di SD Negeri 200217 pada semester ganjil T.P 2019/2020. Kata Kunci : Supervisi akademik kepala sekolah, Peningkatan kinerja guru

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...